Rabu, 03 Desember 2014

KKN Lagi : Pendidikan





Cukup antusias membaca hal ini.

http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/sites/default/files/Paparan%20Menteri%20-%20Kadisdik%20141201%20-%20Low%20v.0.pdf

Ngomongin soal beban akademik, jadi keinget cerita saat KKN.

Kebetulan saya tergabung di tema Pendidikan saat KKN kemarin. Dan bagusnya, saya kebagian untuk mengurusi anak-anak kelas 1 SD.

Bareng anak-anak kelas 1. 

Cukup kaget saat di sana ternyata mereka sudah memasuki masa ujian. Padahal teman-teman kami yang survei diberitahu kalau ujiannya masih minggu depan. Tapi , tak apa lah. Rencana kami ganti. Kami jadi mengawas ujian di pagi hari dan mengajar di siang hari.

Nah, saat ujian kan saya juga diharuskan untuk membacakan soal ujiannya ke mereka (anak-anak kelas 1-nya sebagian besar belum bisa baca). Menarik sebenarnya ketika ada saja adegan-adegan seperti ini.

(S saya, M mereka)
S : Ini gambar apa? (nunjukkin gambar yang ada di samping soal)
M : Gunuuuuung!
S : Baguuus, soalnya ini ya : gambar di samping merupakan gambar yang menunjukkan .... a. Gunung Meletus, b. Kebakaran Hutan. C. Banjiiir ?
M : Beeeeeeee!
(wadoh)


(Terus temen saya pada nyeletuk, "Wah mereka mikirnya panjang ya. Abis gunungnya meletus kan bisa aja jadi kebakaran hutan")

Terus saya lanjutin baca soal untuk hari itu dan hari-hari berikutnya juga sama.

Menarik lagi, ketika saya sampai di saat mengawas soal ujian Ilmu Pengetahuan Alam. Saya merasa aneh karena ada beberapa soal yang menurut saya cukup sulit untuk ukuran anak kelas 1 SD (kalau tidak salah ada kaitannya sama gravitasi). Nah, dari sana saya mulai mikir : apakah kualitas pendidikan Indonesia sudah semaju ini atau dipaksa semaju ini?

Kalau saya jadi anak kelas 1 SD tersebut, mungkin saya akan sangat kesulitan dengan soal-soal tersebut.
Bisa jadi, saya menyerah karena merasa sekolah terlalu sulit.

Berpikir positif aja deh, mungkin aja memang sudah standar-nya kalau anak kelas  1SD sekarang sudah tahu soal gravitasi-gravitasian.

Ngajarin Nyanyi *sendirinya ga bisa -_-*

Pada minta buat ngegambar. Yaudah, saya gambar suasana perang sekalian cerita-cerita dikit soal Indonesia.

Antusias loh mereka.




Dibawah ini kerjaan Ali, tapi bagus deh buat di share




Aamiin buat mereka semua!



3 komentar:

Muhammad Ali Imran mengatakan...

Cepat banget KKN van?

Muhammad Reza Irvanda mengatakan...

kalo di itb kkn tuh bebas dan bisa ikutan semenjak tingkat II li. Kalau ugm gimana? Kayaknya perlu share-sharelah kita ini :))

Muhammad Ali Imran mengatakan...

kkn di ugm itu wajib za. minimal udah nempuh 100 sks utk kkn. hhe