Selasa, 16 Desember 2014

How I Met Your Mother vs. Friends



Kebetulan saya sudah dua kali tamat untuk masing-masing serial komedi-drama ini (no-life detected). Menarik sebenarnya melihat perbandingan yang dilakukan oleh WatchMojo.

Nah, saya coba pengen membaha dua serial ini dari sudut pandang saya.
1. Jenis Serial
Di awal saya sebutkan bahwa kedua serial ini masuk ke kategori komedi-drama. Sebenarnya, kalau kita perhatikan dan tonton keseluruhan, kita bisa menyimpulkan FRIENDS adalah tipikal komedi-drama (komedi berbumbu drama), sementara HIMYM adalah drama-komedi (drama berbumbu komedi).

Hal ini bisa kita lihat dipengemasan jalan cerita nya.

HIMYM benar-benar menyiapkan untuk cerita yang berkaitan dengan drama yang mendukung jalan cerita keseluruhan. Drama benar-benar dikemas secara 'haru' sehingga bisa menyentuh perasaan penonton (atau saya doang -_-). Hal ini bisa kita lihat di cara Barney ngelamar ataupun saat Ted datang ke tempat Tracey 45 hari sebelum mereka bertemu.

FRIENDS mengedepankan unsur komedinya. FRIENDS tetap memasukkan unsur komedi di saat-saat yang seharusnya (mungkin) haru.   Misalnya saat Monica melamar Chandler atau di saat Ross dan Rachel ketemuan di bar sehabis tahu perasaan masing-masing.

Untuk jenis serial, saya pikir FRIENDS lebih menang , subjektif karena saya memang nonton untuk terhibur (ketawa).

2. Jalan Cerita
Jalan cerita, HIMYM rasanya jelas menang. Rasa penasaran akan siapa The Mother lebih menarik dibandinkan dengan putus nyambung Ross dan Rachel.

3. Tokoh
Barney memang luar biasa. Menarik dan penuh kejutan. Tapi sayangnya, tokoh Barney (menurut saya) adalah turunan dari dua tokoh di FRIENDS : Joey dan Phoebe. Joey mewariskan sifat "polos" dan "womanizer", sementara sifat "delusional" Barney bisa dibilang mirip dengan Phoebe. Ted juga mewarisi tokoh Ross yang (oops, sama banget) nerd, memiliki profesi sebagai dosen, relatif freak dibandingkan dengan yang lain.

Selain itu, HIMYM tidak mengedepankan 'kelakuan unik' dari masing-masing tokoh selain Barney. Ada ga sih yang bisa ngalahin sifat freaknya Monica soal kebersihan dan kerapian? Secara umum, menurut saya tokoh-tokoh di FRIENDS lebih menarik.

4. Komedi
Mirip dengan pernyataan di nomor 1, FRIENDS lebih kental dengan alur komedinya. Bagi kalian yang ingin tertawa karena serial ini, kalian bisa menikmati sembarang episode dan tertawa. HIMYM memiliki komedi yang sederhana (lucu, tapi gak sampe kadar 'hilarious') , dan sering berkaitan dengan jalan cerita. Nonton sembarang episode HIMYM bisa jadi ngebuat kita bingung dibandig ketawa.

5. Musik
Ini yang menjadi kelebihan (banget) dari HIMYM. Musik yang dipilih selalu cocok dengan situasi dramanya. Selain itu, musiknya juga cukup memorable sehingga sekali terdengar orang kemungkinan cukup mengenali lagu tersebut jika di waktu yang akan datang musik-musiknya diputar. Lyricnya juga sering kali kuat banget yang mendukung suasana yang coba dibangun. FRIENDS? Saya cuman ingat lagu With or Without You-nya U2.


Skor akhir : FRIENDS 3 vs 2 HIMYM
Subjektif sih, tapi.....
Yah, saya sukanya komedi, mau gimana lagi.

(semoga lucu)

Salam.
Muhammad Reza Irvanda

1 komentar:

Cia ling mengatakan...

KEREN GAN ARTICLE NYA
KUNJUNGI JUGA BLOG SAYA YA GAN
=>http://chaniaj.blogspot.com
http://www.dkipoker.com/dkipk/index.php