Minggu, 16 November 2014

Bekerja di NGO

Pada hari Sabtu lalu, saya berkesempatan ikutan salah satu acara yang paling kece di HMIF, yakni Seminar Inspirasi Juara. Saya sudah ikutan acara yang pertama dan , wow, saya dapet banyak hal. Saya awalnya berencana tidak hadir karena ada agenda lain di luar kota, namun apa daya, fisik tidak memadai. Badan saya terasa lelah dan berat (well....). Daripada hari Sabtu terbuang sia-sia, saya memutuskan untuk ikutan SIJ II. 

Topik SIJ II ini menarik banget buat saya : "Prospek Karir IT di Bidang NGO"

Ini sedikit yang sempat saya catat dari SIJ kemarin. Semoga bermanfaat.

---------------------------------
Bekerja di NGO
by : Ali Akbar Septiandri

Apa itu NGO?
NGO (atau LSM dalam Bahasa Indonesia) adalah sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada pengembangan masyarakat. Secara umum, pergerakan NGO biasanya membantu mengerjakan apa yang belum bisa diselesaikan pemerintah.

Bagaimana bentuk operasi NGO?
Ada beberapa, yakni penelitian, pengembangan, pengawasan, atau advokasi.

Apa saja keuntungan bekerja di NGO?
- Menjamin ilmu kuliah bermanfaat
- Pengabdian Masyarkat
- Insentif Menarik (! , disclaimer pemateri, berdasarkan pengalaman pribadi hehehe)

Bisa dibilang NGO itu adalah sebuah startup yang berfokus pada pengembangan masyarkat. Bedanya, kalau startup biasa bergerak dari sebuah produk, kalau NGO itu lebih ke arah jasa, NGO bergerak dari sebuah dasar masalah yang nantinya jadi fokus mereka. NGO itu biasanya berbentuk sebagai sebuah yayasan. 

-------------------------------

Secara umum, saya sangat tertarik untuk bekerja di NGO! Kenapa? Alasan sederhananya karena NGO baik. Mereka fokus pada pengembangan masyarakat. Bekerja di NGO bisa mempertemukan saya dengan orang-orang yang benar-benar concern dengan hal ini. Hal ini bisa mengutuhkan kembali Faith in Humanity kita sebagai manusia.

Selain itu, NGO  (kalau saya menangkap dari cerita kak Ali) membuka kesempatan luas bagi kita untuk meneliti. Meneliti dan mengembangkan sesuatu adalah cita-cita saya sejak kecil. Menemukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain adalah mimpi saya sejak SD mungkin. 

Saya jadi kepikiran sebuah ide saat Taufiq bertanya ke Kak Ali,"Kak, ada gak kesempatan buat KP di NGO?" 

Dulu, kalau teman-teman saya bertanya,"Mau KP di mana?" , jawaban saya mungkin berkutat di,"Teuing/ Gak tahu/ Belum mikirin/ Kacau".

Tapi sekarang, prioritas utama saya jadi bulat : NGO!

Tidak ada komentar: